Kisah Inspiratif SDM Efektif di sejumlah Perusahaan Indonesia

By | Agustus 15

Bagi individu yang sedang mencari pekerjaan sebagai SDM, maka Anda pasti masih harus belajar untuk menjadi seorang SDM professional. Kecepatan dan ketangkasan Anda akan banyak mengubah stabilitas organisasi. Karena Anda harus berada dalam posisi untuk memotivasi karyawan agar setia pada pekerjaan yang mereka lakukan. Ada banyak kisah SDM inspiratif yang bisa Anda jadikan sebagai pahlawan wanita. Para tokoh SDM ini telah berhasil mendapatkan bisnis tempat mereka bekerja, memenangkan persaingan bisnis, melalui manajemen pekerja yang efisien dan efektif. Jelajahi kisah-kisah SDM inspiratif berikut di Indonesia:

Herdy Rosadi Harman

Herdy Rosadi Harman sebenarnya adalah Chief Human Capital Officer di PT Telkom Group. Pada tahun 2016, Herdy meraih penghargaan Chief Human Officer terbaik pada BUMN Leaders Award 2016 yang diselenggarakan oleh IPMI Worldwide Business School. Penghargaan bergengsi ini merupakan bukti bahwa kinerja yang selama ini telah membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Seperti perusahaan yang dimiliki oleh kondisi, tantangan terbesar adalah menyediakan pembelajaran SDM yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Serta karyawan agar mampu mendukung kinerja yang ditinggikan agar dapat bekerja lebih optimal. Di antara tugas terbesar dari divisi SDM adalah bagaimana Anda dapat membuat karyawan memiliki semangat kerja yang tinggi dan produktivitas yang maksimal.

Josef Bataona

Josef Bataona, SDM Director di PT Indofood CBP Makmur. Lebih dari 3 dekade Josef telah berkembang di dunia SDM, dan terbukti bahwa manajemen SDM yang baik dapat membuat karyawan merasa betah dan setia kepada organisasi. Karena Josef pernah menghabiskan 31 tahun di perusahaan yang sama yaitu Unilever Indonesia sebelum pindah ke Danamon dan terakhir berlabuh di Indofood sebagai Direktur SDM. Josef tidak akan pernah bosan dalam memotivasi karyawan untuk mengejar karirnya secara maksimal.

Yos Rizal Setiawan

Yos Rizal Setiawan bukanlah pemimpin SDM biasa, tapi juga menguasai bagian-bagian lain organisasi. Selain itu, Yos Rizal juga memahami proses merger dan akuisisi bisnis tersebut. Menggunakan pemahaman dan pengalaman dari berbagai posisi yang tepat dalam organisasi atau mampu memutuskan perubahan yang berjalan perusahaan, adalah umum bahwa karirnya akan menuntut. Yos Rizal sudah bekerja di SDM lebih dari dua puluh tahun. Anda juga dapat mengikuti tindakan untuk mendapatkan profesional SDM dengan meningkatkan keterampilan Anda. Misalnya dengan mengikuti pelatihan SDM dan workshop SDM yang merupakan investasi jangka panjang.

Ripy Mangkoesoebroto

Ripy Mangkoesoebroto memang mantan Direktur SDM PT Indosat, wanita yang tersenyum. Dia telah berhasil mendapatkan perubahan besar pada kantor Indosat Ooredoo di masa lalu. Mulai dari merombak suasana kerja dari kaku menjadi lebih energik, dengan melepas sekat bilik. Ini jelas memfasilitasi arus komunikasi antar tim kerja. Selain itu, mungkin perbedaan yang paling terlihat dari Indosat adalah perubahan emblem, yang merupakan inisiatif dari Ripy. Perjalanan karir SDM Ripy Mangkoesoebroto memang panjang. Mulai dari menjadi manajer di Divisi Pembelajaran dan Pengembangan. Minatnya yang besar pada mata pelajaran ini menjadikan setiap pekerjaan yang dia lakukan menjadi totalitas. Pelajaran yang bisa didapat dari Ripy Mangkoesoebroto adalah tidak segan-segan melakukan observasi dan pendekatan setiap hari, untuk memastikan karyawan merasa nyaman dan semakin bersemangat dalam bekerja.

Fungsi Profesional SDM Untuk Meningkatkan Kinerja Pekerja

Setelah mengetahui beberapa dongeng SDM yang inspiratif seperti yang dikemukakan di atas, jelas Anda semakin menyadari bahwa sebuah SDM memiliki peran yang sangat besar. Menjadi SDM, Anda memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan dalam organisasi. Anda mampu meningkatkan kinerja pekerja dengan memberikan motivasi yang tepat. Berikut adalah 6 ide motivasi untuk meningkatkan kinerja pekerja yang dapat Anda gunakan:

  1. Hargai ide-ide baru dari karyawan.
  2. Menjaga hubungan sosial yang baik dengan karyawan.
  3. Membantu merencanakan karir pekerja.
  4. Jelaskan peran kunci karyawan untuk organisasi, misalnya memberikan pengakuan atas pekerjaan karyawan tersebut.
  5. Beri apresiasi atas kemajuan terkecil itu.
  6. Bangun kepercayaan dengan semua karyawan.

Semakin besar jumlah karyawan dalam organisasi maka kebutuhan akan SDM professional menjadi salah satu hal yang wajib dipenuhi. Itu karena produktivitas meningkat jika Anda memiliki karyawan yang kompeten di bidangnya. Divisi SDM mengelola menemukan dan mengelola aset SDM dalam organisasi. Selain memastikan organisasi memiliki tim SDM yang profesional, penggunaan software SDM juga bisa menjadi faktor pendukung. Dengan menggunakan perangkat lunak SDM terbaik dan andal, pengelolaan SDM dalam organisasi akan menjadi lebih sederhana, lebih baik, dan jauh lebih akurat.